twitter

Minggu, 17 Februari 2013

Thomas Alva Edison


Biografi Singkat Thomas Alva Edison - Thomas Alva Edison, seorang penemu terbesar di dunia. Bayangkan, ia menemukan 3.000 penemuan, diantaranya lampu listrik, stasiun tenaga listrik, sistem distribusi listrik, lokomotif listrik, mikrofon, kinetoskop (proyektor film), fonograf (berkembang jadi tape-recorder),  laboratorium riset untuk industri, dan kinetograf (kamera film). Ia adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara. Lahir tanggal 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, Amerika Serikat. Bapaknya bernama Samuel Ogden dan Ibunya bernama Nancy Elliot.



Sebagaimana umumnya orangtua, Samuel dan Nancy menyambut kelahiran anaknya dengan suka-cita. Tidak ada hal aneh dalam proses kelahiran Edison. Namun setelah Edison mulai bertumbuh, terlihat hal-hal aneh yang membuatnya lain daripada anak yang lain. Bayangkan, pada usia 6 tahun ia pernah mengerami telur ayam.

Setelah berumur 7 tahun, ia masuk sekolah. Tapi malang, tiga bulan kemudian ia dikeluarkan dari sekolah. Gurunya menilainya terlalu bodoh, Edison tak mampu menerima pelajaran apa pun. Untunglah ibunya, Nancy pernah berprofesi menjadi guru. Sang ibu mengajarinya membaca, menulis dan berhitung. Ternyata Edison dengan cepat menyerap apa yang diajarkan ibunya. Edison kemudian sangat gemar membaca.

la membaca berbagai jenis buku. Berjilid-jilid ensiklopedi dibacanya tanpa jemu. Ia juga membaca buku sejarah Inggris dan Romawi, Kamus IPA karangan Ure, dan Principia karangan Newton, dan buku Ilmu Kimia karangan Richard G. Parker. Selain itu, ia juga anak yang sangat memahami kondisi ekonomi orangtuanya.

Pada umur 12 tahun ia tak malu menjadi pengasong koran, kacang, permen, dan kue di kereta api. Sebagian penghasilannya diberikan kepada orang tuanya. Hebatnya, saat berjualan di dalam kereta api itu, ia gemar pula melakukan berbagai eksprimen. Bahkan sempat menerbitkan koran Weekly Herald.

Suatu ketika, saat bereksprimen, sebuah gerbong hampir terbakar karena cairan kimia tumpah. Kondektur amat marah dan menamparnya hingga pendengarannya rusak.

Thomas Alva Edison Meninggal di West Orange, New York, pada tanggal 18 Oktober 1931 pada usia 84 tahun.

Thomas Alva Edison merupakan  penemu terbesar di dunia dengan 3000 penemuan. Ia bahkan pernah menemukan 400 macam penemuan dalam 13 bulan. Dan ia Menemukan Sebuah Benda yang kita tidak lepas dari kehidupan manusia, yaitu lampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar